Mahasiswa Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan
Institut Pertanian Bogor
Kuliah Perilaku Konsumen pertemuan pertama, 24 Februari 2014
Dosen :
Dr Ir Lilik Noor Yuliati,
MFSA
Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku
Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta:
PT Ghalia Indonesia
Catatan Kuliah Pertama
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.Terdapat berbagai macam model motivasi, salah satunya adalah model Motivasi Schiffman dan Kanuk.
Kebutuhan yang dirasakan konsumen dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu:
1. faktor diri konsumen sendiri (fisiologis), contonya rasa lapar dan rasa haus
2. faktor luar konsumen, contohnya aroma makanan dan iklan
sedangkan kebutuhan yang dirasakan konsumen :
1. primary needs, misalnya : makanan dan rumah
2. Acquired needs, misalnya : makanan lezat dan rumah mewah
Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia. Yaitu kebutuhan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup. kebutuhan tersebut meliputi air,udara,rumah,pakaian,dan seks.Kebutuhan rasa aman adalah kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan dasar. ini merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia.Kebutuhan sosial, manusia membutuhkan rasa cinta dari orang lain. Rasa memiliki dan dimiliki,serta diterima oleh orang-orang sekelilingnya. Kebutuhan ego adalah kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai derajat yang lebih tinggi dari yang lainnya.Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu berhubungan dengan keinginan dari seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Kebutuhan sukses adalah keinginan manusia untuk mencapai prestasi,reputasi,dan karir yang baik.kebutuhan sukses memiliki kesamaan dengan kebutuhan ego dan kebutuhan aktualisasi diri daro teori Maslow.Kebutuhan afiliasi adalah keinginan manusia untuk membina hubungan dengan sesamanya, mencari teman yang bisa menerimanya, ingin dimiliki oleh orang-orang sekelilingnya, dan ingin memiliki orang-orang yang bisa menerimanya. kebutuhan afiliasi memiliki kesamaan dengan kebutuhan sosial dari teori Maslow.kebutuhan kekuasaan adalah keinginan seseorang untuk bisa mengontrol, termasuk mempengaruhi orang-orang di sekelilingnya.kebutuhan sekses memiliki kesamaan dengan kebutuhan aktualisasi diri dari teori Maslow
Tidak ada komentar:
Posting Komentar